Selasa, 09 Juni 2009

Review orang2 tentang Satu Cinta Sejuta Repot


Udah pada baca Satu Cinta Sejuta Repot belum? Jangan ketinggalan, atuh. Waktu saya nge-googling aja udah ada sekitar 200 website yang mengandung unsur Satu Cinta Sejuta Repot karya Moemoe Rizal. (Termasuk yang ada content Maria Ozawa-nya.)

Hehe...

Thanks banget buat yang udah nge-review, apalagi yang bilang bahwa buku ini bagus. Sejujurnya, saya sebagai penulis nggak ngerasa kalau buku ini buku yang terbaik. We still have a lot of Good Books in Indonesia (and once again thank you if one of mine is one of it) dan saya percaya masih ada yang perlu diperbaiki dari buku Satu Cinta Sejuta Repot.




Seperti kebanyakan review, Satu Cinta Sejuta Repot dinilai unik karena main-story-nya beda dari teenlit kebanyakan. Ketika penulis-penulis muda memilih pendekatan tipikal dalam teenlit seperti:

1. Tokoh cewek memperebutkan dua tokoh cowok

2. Tokoh-tokoh dalam novel yang kaya raya banget sampe2 ke sekolah mesti bawa mobil atau tokoh yang miskin banget sehingga ketika kita membacanya terasa sangat mengkhawatirkan

3. Tokoh-tokoh utama yang cantiiik atau ganteeeng banget, atau kebalikannya, jeleeeek banget

4. Tokoh cowoknya cool abis karena hobinya main basket

5. Hedonismenya terasa kental sampai-sampai seisi novel cuma ngomongin perasaan cinta sang tokoh utama, yang biasanya cewek. Dan lain-lain.


Tetapi saya mencoba pendekatan lain (karena pada dasarnya saya mah suka tampil beda, hehe...) Dengan cara (kalau sama kayak tipikal di atas)

1. Yang diperebutkan menjadi tiga tokoh
2. Tokoh utama bisa nyetir mobil tapi nggak keseringan

3. Well, beberapa tokoh nggak perfect2 amat

4. Nggak semuanya cool.

5. Saya masukkan unsur tambahan seperti adik kembarnya tokoh utama yang membuat cerita nggak melulu ngebahas soal cinta. Takutnya pembaca bosen.


Itulah pendekatan yang saya lakukan, supaya teenlit nggak berguling di situ-situ aja. Please save teenlit as well as we save the nature from global warming (haha...) Karena saya yakin, bibit2 penulis muda Indonesia semuanya beranjak dari teenlit. Apalagi pangsa pasar teenlit nggak akan pernah habis asalkan kita bisa memberikan suguhan yang berbeda.

Buat kalian yang pengen baca review dari pembaca2 Satu Cinta Sejuta Repot, di bawah saya berikan list-nya. Sengaja review-nya nggak saya copy ke sini karena saya takut melanggar undang2 hak cipta, gimana pun juga review yang mereka buat, meskipun tentang buku saya, tetaplah milik mereka.

Tinggal di-klik aja, kok!



Dan buat yang udah ngasih review, saya ucapkan terima kasih banyak!!
Moemoe Rizal.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bukunya bagus , aku suka..

    tapi mau tanyaa doong ;D

    BalasHapus
  3. ada gak Link utk baca PDF ???
    wkt zaman SMA, pny buku'a sih...tp hiLang Lantaran gak tau siapa yg trakhir minjem :(

    BalasHapus